Pages

Kamis, 21 Februari 2013

Jenis-jenis Film


Film secara etimologis adalah benda tipis seperti kertas terbuat dari seluloid untuk merekam gambar negatif melalui kaca kamera; bioskop ; ikon yang dipancarkan melalu layar. Dalam bukunya Mari Membuat Film, Panduan Menjadi Produser, Heru Effendy menyebutkan setidaknya ada beberepa jenis film yang lazim diketahui oleh masyarakat, yaitu:

Film Dokumenter (Documentary Films)

Dokumenter adalah sebutan untuk film pertama karya Luemierebersaudara yang berkisah tentang perjalanan (travelogues) yang dibuat sekitar tahun 1890-an. Tiga puluh enam tahun kemudian kata-kata dokumenter digunakan oleh pembuat film dan kritikus film asal Inggris John Grieson untuk film Moana (1926) karya Robert Flaherty. Menurut Grierson dokumenter merupakan cara kreatif mempresentasikan realitas (Susan Hayward, Key Concept in Cinema studies,1996, hal 72). Sekalipun Grierson mendapat tentangan dari berbagai pihak, pendapatnya tetap relevan sampai saat ini. Film dokumenter menyajikan realita melalui berbagai cara dan dibuat melalui berbagai macam tujuan. Namun harus diakui film dokumenter tidak pernah lepas dari tujuan penyebaran informasi, pendidikan, propaganda bagi orang atau kelompok tertentu. Intinya film dokumenter berpijak pada hal-hal senyata mungkin. Seiring dengan perjalanan waktu, muncul berbagai aliran dari film dokumenter misalnya dokudarama (docudrama).

Film Cerita Pendek (Short Films)

Durasi film cerita pendek biasanya berdurasi di bawah 60 menit. Dibanyak negara seperti Jerman, Australia, Kanada dan Amerika Serikat, film cerita pendek dijadikan eksperimen dan batu loncatan bagi seseorang atau komunitas untuk kemudian memproduksi film cerita panjang. Jenis film ini banyak dihasilkan oleh mahasiswa jurusan film atau orang/komunitas penghobi dunia film dan berniat berkreasi dengan membuat film. Namun demikian, ada juga orang dengan spesialisasi memproduksi film pendek, yang kemudian memasok hasil produksi ke stasiun televisi.

Film Cerita Panjang (Featur-Length Films)

Adalah film yang berdurasi lebih dari 60 menit umumnya berdurasi 90-100 menit. Film yang diputar di biskop umumnya termasuk dalam kelompok film ini. Beberapa film, misalnya Dances With Volves, bahkan berdurasi lebih dari 120 menit. Film-film produksi India rata-rata berdurasi lebih dari hingga 180 menit.  Selain ketiga jenis film tersebut masih ada beberapa jenis film lain yaitu  profile perusahaan (corporate profile). Film ini diproduksi oleh instansi tertentu berkaitan dengan kegiatan yang mereka lakukan. Film jenis ini digunakan untuk mengiklankan suatu institusi, umumnya adalah intitusi usaha dalam betuk advetorial. Contoh tayangan ini adalah “Usaha Anda” SCTV, Profile Niaga, dan lain-lain.
Iklan Televisi (TV Commercial), iklan layanan masyarakat (public service announcement/PSA), Program Televisi (TV Programme) dan Video Klip (Music Video) adalah termasuk jenis film.
Salah satu hal yang penting  dalam semua jenis film diatas adalah adanya skenario yang dijadikan panduan dan referensi crew dalam memproduksinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar